Cara Optimasi SEO Untuk Di Halaman Google Nomor 1


Cara Optimasi SEO Untuk Di Halaman Google Nomor 1
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet

SEO Ada 2 yaitu

  1. SEO On Page 
  2. SEO Off Page

-  SEO On Page 

SEO On Page adalah Optimasi SEO blog yang berasal dalem blog . Artinya Optimasi di dalam blog

nah ini bagian dari SEO On Page
  1. konten yang berkualitas
  2. keyword/kata kunci yang tepat sasaran
  3. judul yang mengundang klik
  4. url link yang signifikan
  5. gambar yang optimal
  6. deskripsi yang mengundang klik
  7. link antar halaman
  8. sosial media sharing
  9. kecepatan website
  10. responsive mobile frendly.

1. Konten yang berkualitas 

Konten yang berkualitas adalah konten yang tidak copy paste ( copas) hal ini menyebabkan jika anda copas , anda kesulitan untuk mendapatkan di halaman google 1. Banyak Blogger yang gagal untuk nomor 1 karena copy paste. Simak Selengkapnya di  7 Penyebab Mengapa Blogger Pemula 
2.  Kata Kunci yang tepat sasaran


Kata Kunci yang tepat sasaran adalah cara salah satu untuk membuat Halaman Anda Di Google menjadi nomor 1 .

Bagaimana Cara nya Kata Kunci Tepat Sasaran ?

caranya adalah anda bisa menggunakan yang populer saat ini adalah Google Keyword Planner.

Kalo Michael pake apa ? 

Kalo saya pake ubersugest. Caranya sangat mudah dan tidak perlu membuang waktu sangat lama


Bagaimana cara pake ubersugest ? 



  1. Pertama - tama anda buka ubersugest.
  2. kemudian masukan kata keyword yang di inginkan
  3. Lalu Klik Look Up
  4. Kemudian Cari Keyword Volume yang terbanyak

4. Judul Yang Mengundang klik 

Apa sih itu yang dimaksud dengan judul yang mengundang klik ? maksudnya jika anda ingin membuat artikel misalkan "Cara membuat Ketoprak " Nah anda bisa menambahkan nya menjadi " "Cara Membuat Ketoprak yang enak " Atau Anda bisa menambahkan nya lagi menjadi " Cara Membuat Ketoprak Yang Enak Dan Sehat " Nah itu adalah cara membuat judul yang mengundang klik 

5. Optimasi Pada Gambar

Caranya sangat mudah, ketika sobat memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut:
Optimasi Pada Gambar
Optimasi Pada Gambar

6. Deskripsi Pada Artikel

Nah karena di blogger sudah ada fitur untuk memasukan meta deskripsi postingan secara manual, maka akan sangat keren jika sobat menggunakan fitur ini agar setiap postingan di blog sobat memilki meta deskipsi yang bervariasi.

Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama anda perlu mengaktifkan fitur tag meta deskripsi yang sudah dibahas di atas. Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali sobat menulis postingan, di bagian kanan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan:
Cara Memaksimalkan SEO di Blogger
7.  Link Antar Halaman / Internal Linking
Apa Itu Link Antar Halaman / Internal Linking ? Link Antar Halaman / Internal Linking  adalah link yang menghubungkan artikel 1 ke artikel yang lain . Contoh nya anda membuat artikel ketoprak , pasti ada bahan bahan nya bukan ? nah pasti yang pertama anda buat terlebih dahulu : Cara membuat ketupat. Nah misalkan udah membuat artikel tersebut , selanjutnya anda membuat cara membuat ketoprak.
Contoh : 
Cara Membuat Ketoprak 
bla bla bla bla ( pembuka ) 
Bahan yang di perlukan adalah : 
  1.  Toge
  2. Bihun
  3. Tahu Goreng
  4. Ketupat
Anda Penasaran gimana cara bikin ketupat ? silahkan anda baca di : Cara Membuat Ketupat

Note : Nah , Jika anda bingung masalah tentang ini bisa komentar di bawah 

8. Tombol Sosial Media 
Apa Sih itu Tombol Sosial Media? Sosial Media Sharing adalah tombol yang harus disediakan di sebuah blog , karena bisa blog anda menjadi SEO Friendly. 
Penjelasannya : jika anda googling di google terus anda menemukan artikel yang sangat bermanfaat atau yang sedang lagi viral. Pasti anda cari Tombol Sosial Media bukan ? Jadi Tombol Sosial Media itu sangatlah penting
9. Kecepetan Website / Blog
Kecepetan Website adalah salah satu penting bagi anda yang ingin masuk di google halaman 1. Karena apa ? jika anda googling terus anda klik website tersebut , ternyata website itu sangat lelet pasti anda kesal bukan ? Pasti anda pencet tombol back pada google dan tidak ingin kembali di blog /Website tersebut 
10. Responsive Dan Mobile Friendly
Apa sih itu Responsive dan mobile friendly ? Responsive dan mobile friendly adalah website yang tampilan keren di mode seluler dan terdukung oleh mobile friendly oleh google. 
Anda Bisa Cek Mobile Friendly di Google Mobile Friendly Test
Anda Bisa Cek Responsive Di http://responsivedesignchecker.com/
Artikel Yang Terkait dengan nomor 9 dan 10 adalah 10 Template Fast Loading Responsive and Mobile Friendly
- SEO Off Page 

SEO Off Page Adalah Optimasi SEO yang berasal luar blog . Artinya Optimasi ini berasal dari luar blog 

 Bagian SEO Off Page

  • Backlink
  • Sosial Media
  • Sosial BookMarking
  • Forum High Page Rank

1. Backlink 

Penjelasan Apa Itu Backlink 

Backlink, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.
Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya search engine) sebagai dasar navigasi web; hari ini, kepentingannya terletak pada peringkat dari search engine optimization (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, Backlink halaman web mungkin kepentingan pribadi, budaya atau semantik signifikan. mereka menunjukkan siapa yang membuat perhatian ke halaman tersebut. (Wikipedia)

Manfaat Backlink 

Manfaat backlink dari segi SEO jelas sangat terlihat efeknya. memiliki peranan yang besar, backlink menjadi nilai mahal dalam SEO. Google juga mengatakan, bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebua situs website mau pun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Apa lagi, jenis backlink tersebut adalah jenis-jenis backlink yang di rekomendasikan oleh google sendiri yang baik untuk Search engine.

Kami tidak mengatakan dan tidak bisa memastikan jika backlink anda banyak, maka situs website atau laman website anda akan baik pula di search engine. Perlu anda ketahui pedoman-pedoman khusu tentang backlink yang baik untuk SEO. dan mana backlink yang buruk untuk SEO.

2. Sosial Media
Sosial Media salah satu penting juga dalam SEO . Anda bisa sharing webite / Blog anda di sosial media. 
Contoh nya Sosial Media Adalah
  1. Facebook
  2. Google+
  3. Instagram
  4. Youtube
  5. Twitter
3. Sosial Bookmarking


Social bookmarking merupakan salah satu metode Search Engine Optimization (SEO) yang mendongkrak trafik atau jumlah kunjungan ke sebuah situs. Pada awalnya lebih banyak digunakan pengguna internet sebagai wadah saling berbagi informasi dari berbagai sumber dunia maya, tetapi belakangan ini justru dimanfaatkan para pemilik situs untuk keperluan SEO. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang apa itu social bookmarking, mulai dari pengertian, jenis dan manfaat.
Walaupun sudah mengetahui kegunaan utama dari segi SEO, justru masih banyak pemilik situs yang belum tahu pengertian dasar social bookmarking. Seperti dilansir dari laman wikipedia, social bookmarking merupakan layanan online bersifat terpusat yang memungkinkan pengguna untuk menambah, memberi catatan, mengubah dan berbagi bookmark atau tautan (link) dari dokumen web.
Contoh sosial bookmarking : 
4. Forum High Page Rank
Forum adalah sebuah sarana komunikasi bagi penggunanya. Dimana didalam forum tersebut terbagi menjadi sub-sub dari forum itu, maksudnya didalam forum tersebut ada pembagian kategori yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam berinteraksi. Contohnya saya ambil forum yang sudah sangat terkenal seperti kaskus.

Kaskus adalah sebuah forum besar yang sudah banyak digemari di Indonesia, didalam forum tersebut terdapat kategori-kategori yang dapat dipilih dan digunakan penggunanya tergantung kebutuhan pengguna kaskus tersebut. Misalkan seorang member kaskus berniat untuk menjual dan membeli sebuah barang di kaskus, otomatis mereka akan masuk kedalam kategori atau forum jual beli di kaskus tersebut. Contoh lainnya bila kita ingin membuat thread ( kalau di blog sebutannya posting ) mengenai cara-cara memodif mobil atau motor, maka kita harus memasukan thread kita di kategori otomotif. Ya mungkin kurang lebih seperti itu penjelasan yang saya ketahui mengenai forum.


Kegunaan dari forum sendiri sangat banyak, diantaranya kita bisa bisa mencari informasi yang kita butuhkan, karena di forum khusunya forum yang sudah besar dan sudah sangat terkenal, banyak pilihan yang bisa kita dapatkan dari informasi yang kita butuhkan tersebut. Dan bagi seorang blogger, kegunaan forum diantaranya bisa meningkatkan trafik blognya. Lalu bagaimana jika kita mempunyai forum sendiri? Kemarin ketika sedang online di shoutmix bersama saya melihat banyak blogger yang mempromosikan forum miliknya, saling tukar-menukar untuk daftar di forum buatannya masing-masing. Dari situ saya mempunyai keinginan untuk membuat forum juga seperti mereka, dan alhasil saya pun membuatnya. Saya membuat forum tersebut dan memasangkannya di blog yang saya miliki. Forumnya mungkin biasa saja, maklum forum tersebut merupakan forum buatan yang disediakan secara gratisan dari penyedianya..
Nih Contoh Forum yang high page rank

1. Kaskus

Nah Jika Anda ingin forum tentang adsense anda bisa di 



Ingat Jika anda ingin bergabung di forum orang lain , jangan taruh link sembarangan tanpa ijin dari orang lain / ijin dari yang punya dari forum nya.
Michael Handy
Michael Handy seseorang yang ingin terus belajar dan tidak takut untuk salah dan keinginan kuat untuk menjadi orang yang sukses

3 comments for "Cara Optimasi SEO Untuk Di Halaman Google Nomor 1 "

  1. Wahh keren nih infonya..
    Mantep , harus dipraktekan kayanya nih..

    Thanks , sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, terimakasih atas kunjungan nya

      Delete

  2. clipping path
    clipping path service
    product photo editing
    Enjoyed reading the article above , really explains everything in
    detail,the article is very interesting and effective.Thank you and good
    luck for the upcoming articles

    ReplyDelete

- Diperbolehkan Link Aktif , tetapi tidak boleh link untuk pornografi
- No SARA , Pornography